21 August 2017

Tunggakan Pajak Kendaraan Bermotor di Sidrap Tembus Rp 37 Miliar

31 - Mar - 2017 | 11:56 | by: Admin1
Tunggakan Pajak Kendaraan Bermotor di Sidrap Tembus Rp 37 Miliar

Sidrap, Beritakota Online- Di Kabupaten Sidrap, pajak kendaraan bermotor terutang mencapai Rp 37 miliar hingga tahun 2016. Jumlah tersebut didominasi kendaraan roda dua.

Penumpukan tersebut terjadi lantaran banyaknya wajib pajak yang sudah terlanjur menunggak pajak, menunggu adanya pemutihan sanksi pajak.

Hal tersebut kebanyakan terjadi di kalangan masyarakat di perdesaan.

Adapun Total tunggakan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tersebut mulai dari tahun 2011 hingga 2016 dengan rincian terdiri dari 42.859 ribu roda dua, dan 3.938 roda empat. Itu disampaikan Kepala UPTD Samsat Sidrap, Ayyub Ar Manwan kepada awak media, Rabu (29/3/2017).

Ayyub melontarkan, meski didera tunggakan yang cukup besar, pihaknya tetap optimis untuk mencapai target pemasukan di tahun 2017 sebesar Rp70 Miliar lebih. Untuk masalah tunggakan tersebut kata Ayyub, pihaknya akan menggelar razia pajak kendaraan agar para penunggak mau membayar tunggakannya.

Rencananya, razia nanti akan bersifat gabungan dengan melibatkan sejumlah instansi terkait. Adapun instansi terkait dimaksudkan seperti Badan Pajak dan Retribusi Daerah, Dinas Perhubungan, Satlantas Polres Sidrap dan PT Jasa Raharja.

“Waga yang terjaring razia akan dikenakan sanksi tilang oleh aparat kepolisian dan sekaligus kami akan membuka pelayanan mobil Samsat keliling bagi warga yang hendak membayar tunggakan pajak kendaraannya,” kata Ayyub.

Seperti dilansir Lintas Terkini , Kasat Lantas Polres Sidrap, AKP Muhdar mengungkapkan, untuk mengantisipasi dan mengurangi tunggakan pajak kendaraan di Kabupaten Sidrap, pihaknya akan melakukan penyampaian kepada pemilik kendaraan melalui persuratan maupun door to door.

“Saat ini kami lakukan secara door to door ke rumah wajib pajak untuk menyampaikan Surat Pendataan dan Pendaftaran Pajak Daerah (SP3D) agar segera menyetor pajaknya ke Kantor Samsat,” jelas Muhdar. (*)

Editor : Muh Sain/H.Sakkar/Andi Ahmad


BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Berita Pilihan,Berita Terkini,Berita Utama,Daerah,Polisi | Responses are currently closed, but you can TRACKBACK .

Comments are closed.

Kategori Berita Pilihan

Kategori Berita Terkini

Kategori Berita Utama

Kategori Daerah

Kategori Polisi