No Banner to display

16 February 2019

Perumnas Bangun Pasar Sentral Dikawasan BPT Makassar

4 - Mei - 2012 | 09:35 | by: Admin1
Perumnas Bangun Pasar Sentral Dikawasan BPT Makassar

Jumpa Pers Perum Perumnas Bersama Komisaris PT.HTW yang akan membangun Pasar Sentral di BTP Makassar (Foto: Andi Ahmad)

Makassar, KBN News-Perum Perumnas Regional VII Makassar akan membangun sarana perbelanjaan di kawasan perumahan terbesar Bumi Tamalanrea Permai di Makassar dengan estimasi anggaran mencapai Rp35 miliar.

General Manager Regional VII Perum Perumnas,Pertama Bangun, mengatakan sarana perbelanjaan tersebut menggunakan konsep pasar tradisional yang diproyeksikan menjadi percontohan di Kawasan Timur Indonesia.

“Pembangunan fasilitas tambahan ini juga dilakukan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang tinggal di kawasan BTP, terkhusus untuk melayani kebutuhan di sektor ekonomi,” jelasnya kepada wartawan saat jumpa pers dikantor Perumnas BTP Kamis (03/05).

Menurut Dia pembangunan sarana perbelanjaan tersebut dilaksanakan dengan menggandeng PT Hutama Tata Wahana (HTW). Adapun persiapan pembangunan sarana perbelanjaan tersebut telah dimulai sejak Januari 2012 dan saat ini sudah dalam proses penjualan oleh tim pemasaran dari PT HTW, paparnya.

Bangun menambahkan pula, sarana perbelanjaan ini diberi nama Pasar Sentral BTP yang tidak hanya melayani warga perumahan tapi seluruh masyarakat sekitar kawasan Tamalanrea ini,ucapnya.

Sementara itu Direktur Utama PT Hutama Tata Wahana (HTW) Budi Hamidjaja mengatakan perbedaan sarana perbelanjaan pasar sentral BTP dengan pasar tradisional pada umumnya, selain di dibangun di lahan milik swasta, sistem kepemilikan kios akan dilengkapi sertifikat bangunan serta mempunyai hak atas tanah dengan perbandingan persentase dari total lahan pasar tersebut.

“Hampir mirip dengan sertifikat kepemilikan apartemen sehingga kepemilikan kios oleh pedagang kini menjadi lebih terjamin,” ujarnya.

Ditambahkan pula soal total estimasi investasi untuk pembangunan sarana perbelanjaan BTP tersebut mencapai Rp35 miliar yang direncanakan rampung pada akhir 2013 mendatang. Sesuai dengan masterplan pembangunan yang terdiri dari dua lantai tersebut, akan tersedia sebanyak 308 unit kios dan akan mengambil lahan seluas 9000 m2 di kawasan perumahan BTP. Sementara untuk harga kios kami patok mulai Rp69 juta sampai Rp225 juta.

Hingga saat ini, PT HTW mencatat realisasi penjualan kios sudah mencapai 35%. Bahkan, 12 unit ruko yang direncanakan juga akan dibangun untuk melengkapai pasar sentral BTP kini diklaim telah habis terjual. “Ini menunjukkan dinamika perekonomian masyarakat Makassar yang tinggi, dibandingkan kota-kota besar lain di Indonesia,” ungkap Budi.

Penulis : Udin
Editor : Andi Ahmad


BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Berita Foto,Berita Utama,Keuangan,Makassar,Properti,Perbankan,Perpajakan | TRACKBACK |

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Berita Foto

Kategori Berita Utama

Kategori Keuangan

Kategori Makassar

Kategori Properti,Perbankan,Perpajakan