13 December 2017

Pesawat Airbus Nopen MKS090 Jatuh Diluar Runway Saat Pendaratan, 30 Penumpang Tewas

18 - Mar - 2017 | 11:07 | by: Admin1
Pesawat Airbus Nopen MKS090 Jatuh Diluar Runway Saat Pendaratan, 30 Penumpang Tewas

Simulasi Latihan penanggulangan Keadaan Darurat di Bsndara Sultan Hasanuddin Makassar (Foto : Celebes Online)

Makassar, Beritakota Online-Pesawat airbus dengan nomor penerbangan MKS090 jatuh di luar runway Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, Kamis (16/3/2017) pagi. Pesawat jatuh karena kehilangan kendali saat akan melakukan pendaratan. Dua unit pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api saat pesawat jatuh.

Dari 205 penumpang, 30 orang dinyatakan meninggal dunia dan ratusan lainnya mengalami luka. Sebanyak 81 orang mengalami luka berat dan 49 lainnya luka ringan.

Kejadian pesawat jatuh ini bagian dari simulasi dari skenario Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) Dirgantara Raharja yang ke-90 yang digelar Angkasa Pura 1 Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

Terkait pelaksaan kegiatan ini, GM Angkasa Pura 1, Cecep M Sonjaya, mengatakan bahwa latihan penanggulangan keadaan darurat ini rutin dilaksanakan tiap dua tahun sekali, sesuai dengan aturan menteri. “Pelatihan ini juga segaja dilakukan untuk mensinergikan semua unsur apabila terjadi keadaan darurat,” kata Cecep.

Dalam latihan PKD ini, sebanyak tiga kegiatan yang dilakukan sekaligus. Selain latihan yang berkaitan dengan kecelakaan pesawat atau Full Scale Exercise, juga ada Aviation Security Exercise atau latihan terkait penanganan bom dan ancaman keselamatan penerbangan, dan Fire Building Exercise atau latihan terkait penanganan kebakarang gedung.

Editor : Muh Sain/Andi A Effendy
Sumber : Humas AP1


BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Berita Pilihan,Berita Terkini,Berita Utama,Nusantara | Responses are currently closed, but you can TRACKBACK .

Komentar ditutup.

Kategori Berita Pilihan

Kategori Berita Terkini

Kategori Berita Utama

Kategori Nusantara