4 December 2016

Waduh, Warga Masih Diresahkan Adanya Dugaan Pungli Pelayanan SIM Keliling Polrestabes Makassar, SIM C Seharga Rp 250 Ribu

25 - Nov - 2016 | 14:16 | by: Admin1
Waduh, Warga Masih Diresahkan Adanya Dugaan Pungli Pelayanan SIM Keliling Polrestabes Makassar, SIM C Seharga Rp 250 Ribu

Mengungkap Pungli  Pelayanan SIM Keliling Polrestabes Makassar ( Bagian 1)

Kasat Lantas : Mobil SIM Keliling Nantinya Akan Diikutkan Personel Dari Satuan Provost

Makassar, Beritakota Online- Sepekan ini, masyarakat dihebohkan dengan sejumlah pengungkapan kasus pungutan tak wajar yang dilakukan oknum dari sejumlah intansi pelayanan publik milik pemerintah.

Sejumlah modus digunakan untuk melancarkan aksi tersebut.

Pada Rabu (12/10/2016), Kepolisian Daerah Metro Jaya mengamankan tiga terduga pelaku pungutan liar di sejumlah tempat pembuatan surat izin mengemudi (SIM) di Ibu Kota

Ketiga terduga pelaku merupakan anggota Polisi.

Lain lagi di Makassar, modus pungutan tersebut adalah meniadakan prosedur pemeriksaan kesehatan yang merupakan salah satu prosedur standar dalam permohonan baru dan  perpanjangan SIM dilakukan di Pelayanan SIM Keliling dengan menggunakan Mobil.

Pungutan liar yang diduga  dilakukan petugas kepolisian yang bertugas di Mobil SIM Keliling itu yaitu meminta uang sebesar Rp 250.000 perorang kepada orang yang hendak memohon  SIM yang baru untuk biaya mendapatkan SIM C.

Para petugas di Mobil SIM Keliling ini kemudian mengabaikan prosedur pemeriksaan kesehatan itu dan langsung ke tahap pengambilan gambar.

Tidak ada pemeriksaan kesehatan dan tidak ada surat keterangan kesehatan yang dibuat oleh petugas untuk para pemohon perpanjangan SIM, kata Warga Maros ini kepada Beritakota Online, Kamis ( 24
/11/2016)

Keresahan Warga ini terjadi disaat mengambil SIM C di mobil pelayanan SIM keliling di Jalan Perintis Kemerdekaan Daya, Rabu ( 23/11).

Petugas SIM keliling tidak melakukan SOP tentang pemeriksaan kesehatan bagi pemohon SIM. Mereka juga tidak menerbitkan surat keterangan kesehatan,” kata Warga Maros ini yang tidak mau dimediakan namanya.

Sementara itu Beritakota Online konfirmasi sama Direktur Lalulintas Polda Sulsel, Kombes Pol.M.Rahman lewat SMS namun sampai ini belum ada penjelasan.

Namun Terkait masalah itu Kasat Lantas Polrestabes Makassar, AKBP Hamka Mappaita berupaya menghubungi Beritakota Online, Kamis ( 24/11). ” Pak Andi bisa ketemu dikantor besok sekitar jam 09.00 Wita,” ucapnya lewat Telepon Selularnya.

Kasat Lantas Polrestabes Makassar, AKBP Hamka Mappaita mengatakan bahwa dirinya sudah disampaikan Dirlantas Polda Sulsel terkait masalah Pungli di mobil SIM Keliling Polrestabes Makassar, dan berharap Beritakota Online bisa membantu dalam hal ini sebagai jalinan kemitraan ke depan.

Menurutnya Bahwa Setiap kali mobil SIM keliling keluar kita akan ikutkan Polisi dari Provost yang pantau para petugas SIM Keliling ini, dan meminta kepada masyarakat yang ingin mengambil SIM  jangan memberikan apapun bentuknya kepada petugas diluar aturan dan jangan bayar kalau tidak sesuai PNBP , dan Beritakota Online menanyakan terkait sanksi kepada petugas yang terbukti melakukan pungli, Kasat Lantas Polrestabes Makassar belum memberikan penjelasan hal itu. ( Bersambung)

Laporan : Muh Sain
Editor : Andi A Effendy


BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Berita Foto,Berita Pilihan,Berita Terkini,Berita Utama,Hukum dan Kriminal | Responses are currently closed, but you can TRACKBACK .

Comments are closed.

Kategori Berita Foto

Kategori Berita Pilihan

Kategori Berita Terkini

Kategori Berita Utama

Kategori Hukum dan Kriminal