4 December 2016

Polda Kalbar Tangkap Buronan Investasi Bodong Bali

2 - Nov - 2016 | 13:27 | by: Admin1
Polda Kalbar Tangkap Buronan Investasi Bodong Bali

Pontianak, Beritakota Online- Kepolisian Daerah Kalimantan Barat bekerja sama dengan Polda Bali, Akhirnya berhasil menangkap tersangka Mah Pimpinan  Save Our Trade  (SOT), sebuah usaha berkedok investasi dibidang trading saham namun tidak memiliki Ijin alias Investasi BODONG.
investasi Bodong yang didirikan oleh Tersangka Mah, berdiri sejak Januari 2015, dengan Nasabah mencapai 6.000 orang, namun pada bulan Maret 2016, teejadi kemacetan pembayaran Profit atau keuntungan, sehingga banyak Nasabah merasa dirugikan dan memimta pihak SOT, untuk mengembalikan uang mereka, namun justru dalam suasana kekalutan tersebut, Pimpinan Pt Hot saudara Mah, melarikan diri.

Mengingat begitu banyaknya nasabah yang sudah menyetor uangnya kepada tersangka Mah, maka wargapun tidak ragu untuk melapor kepada aparat Kepolisian Resort Mempawah pada tanggal 22 Juli 2016.

Menurut Kapolda Kalbar Irjen Pol Drs. Musyafak SH MM, bahwa Berdasarkan hasil penyidikan awal yang dilakukan oleh Polres Mempawah, bahwa tersangka seorang Traider yang melakuka  Traider dan menjanjikan 50% keuntungan setiap bulannya selama 6 bulan, bagi nasabah yang mengikuti investaainya dengan menanamkan modalnya minimum 1.5 juta.

Menurut keterangan beberapa saksi, diperoleh informasi bahwa tidak semua uang nasabah dipergunakan oleh tersangka Mah untuk kegiatan traiding, namun, dipergunakan untuk hal hal yang bersifat pribadi.

Usaha investasi bodong ini dijalankan dengan dibantu 6 orang Leadernya, sehingga tersangka memilliki kurang lebih 6.000 nasabah yang tersebar di beberapa kabupaten dan Kota di Kalimantan Barat. Serta hasil penyelidikan awal diperkirakan dana nasabah yang terkumpulkan oleh Tersangka Mah sebesar 43 Milyard dan uang tersebut tidak dapat dikembalikan oleh tersangka kepada Nasabah, baik dalam bwntuk Modal Pokok ataapun keuntungan atau Frofit
Tersangka Mah ini sempat melarikan diri ke Bali, namun berkat kegigihan dan kerja keras Anggota,  pelaku  Mah dapat dibawa ke Pontianak Kalimantan Barat untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya.

Tersangka bisa dibawa ke Polda Kalbar berawal dari hasil pengecekan penyidik tanggal 25 Oktober,  terhadap penarikan uang di ATM BCA Alfamart  Jalan Kunti  2 Seminyak Kabupaten Badung Bali dan hasil analisa CCTV diketahui bahwa istri tersangka yang melakukan penarikan.
Pada tanggal 26 Oktober tim Dit Reskrimsus bersama penyidik Polres Mempawah, telah mengetahui keberadaan tersangka dan melakukan pemantauan di Wilayah Jalan Dewi Sartika no 3A dan Jalan Tukang Batang Hari,  dibantu oleh Tim Jatanras Polda Bali, Tim berhasil menangkap trsangka Mah tepat didepan Nanda Mart, setelah itu Polisi melakukan penangkapan terhadap istri   teraangka di Jalan Tukad Batang Hari XII no 8 Badung Bali untuk dilakukan pendalaman.

Adapau barang bukti yang berhasil diamankan oleh penyidik antara lain 5 Unit HP, 6 buku Tabungan BCAdan BRI, 5 buah kartu ATM, 2 simcard, sebuah NPWP, dua kuitanai pembayaran , transfer uang sebesar 10 juta dua buah KTP, 11 butir peluru gotri.

Kepada Masyarakat yang merasa dirugikan akibat investaai Bodong ini untuk  melaporkan diri ke Polda Kalbar, Direktorat Reserse Khusus Lantai 3 atau melapor ke Polres Mempawah.

Laporan : Dirman dari Pontianak

Editor : Andi A Effendy
Sumber : Humas Polda Kalbar


BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Berita Pilihan,Berita Terkini,Berita Utama,Daerah,Hukum dan Kriminal | Responses are currently closed, but you can TRACKBACK .

Comments are closed.

Kategori Berita Pilihan

Kategori Berita Terkini

Kategori Berita Utama

Kategori Daerah

Kategori Hukum dan Kriminal