4 December 2016

Wartawan Dan LSM Kebagian Hasil Pungli Jembatan Timbang Maccopa Maros, Ditaksir Kerugikan Negara Sampai Rp 3,6 Milliar

21 - Oct - 2016 | 23:30 | by: Admin1
Wartawan Dan LSM Kebagian Hasil Pungli Jembatan Timbang Maccopa Maros, Ditaksir Kerugikan Negara Sampai Rp 3,6 Milliar

Makassar, Beritakota Online-Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan menaksir kerugian negara mencapai Rp3,6 miliar dari dugaan praktik korupsi di Jembatan Timbang Maccopa, Kabupaten Maros.

Perkiraan itu berdasarkan hasil penyelidikan awal terhadap Kepala Jaga Jembatan Timbang Maccopa, Hasan yang tertangkap tangan melakukan pungutan liar bersama 9 orang, kemarin malam.

Baca juga: Pungli di Jembatan Timbang Maros, 10 Orang Ditangkap

“Saat kita telusuri, kerugian negaranya mencapai Rp10 juta perhari. Dikali 360 hari menjadi Rp3,6 miliar,” ujar Direktur Kriminal Umum Polda Sulsel Kombes Pol Erwin Zadma, Jumat (21/10/2016).

Awalnya, Hasan mengaku mengeluarkan uang Rp5,1 juta setiap harinya. Dana yang ditengarai hasil Pungli itu sedianya menjadi pemasukan pemerintah.

Namun Hasan, kata Erwin, menggunakan dana itu untuk membayar tenaga honorer, bon rokok, wartawan, LSM, dan jatah staf. Pembayaran itu dinilai tidak masuk dalam item pengeluaran semestinya.

Kendati demikian, polisi meragukan keterangan Hasan. Polisi lalu menelusuri dana itu, meski Erwin tak merinci estimasi kerugian negara yang disebutnya.

Tapi polisi tetap menjerat 10 orang yang ditangkap kemarin malam itu dengan Pasal ayat 1 dan 2 Undang-undang 20 tahun 2011 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Kasus ini akan diserahkan ke Direktorat Kriminal Khusus Polda Sulsel. ( Muh Sain)

Editor : Andi A Effendy
Sumber : Rakyatku


BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Berita Pilihan,Berita Terkini,Daerah | Responses are currently closed, but you can TRACKBACK .

Comments are closed.

Kategori Berita Pilihan

Kategori Berita Terkini

Kategori Daerah