4 December 2016

PT SMART Bangun Sarana Air Bersih untuk Warga Desa Mantan dan Desa Menapar di Kalimantan Barat

13 - Oct - 2016 | 22:58 | by: Admin1
PT SMART Bangun Sarana Air Bersih untuk Warga Desa Mantan dan Desa Menapar di Kalimantan Barat

Pembuatan reservoir ferro cement bersama dengan warga yang kini menjadi jantung pelayanan air bagi sekitar 1.000 warga desa Mantan dan desa Menapar di Kelurahan Suhaid, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, sebagai bagian dari pembangunan sarana air bersih oleh PT SMART Tbk., melalui salah satu unit usahanya di PT Kartika Prima Cipta (KPC). Fasilitas air bersih ini diresmikan pada hari Rabu (12/10) oleh Bupati Kapuas Hulu Bapak A.M. Nasir, SH disaksikan oleh CEO Perkebunan Sinar Mas Wilayah Kalimantan Barat, Susanto Yang, perwakilan Muspika dan kepala desa setempat.

Kapuas Hulu, Beritakota OnlinePT SMART Tbk (PT SMART) melalui salah satu unit usaha yang dikelolanya yakni PT Kartika Prima Cipta (KPC) telah menyelesaikan pembangunan sarana air bersih yang diharapkan akan memberikan manfaat bagi sekitar 1.000 warga desa Mantan dan desa Menapar di Kelurahan Suhaid, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Peresmian fasilitas air bersih ini dilakukan oleh Bupati Kapuas Hulu A.M. Nasir, SH, diikuti dengan penandatanganan berita acara penyerahan proyek dan prosedur operasi standar (SOP) perawatan instalasi air bersih yang diserahterimakan dari manager PT KPC kepada kepala desa Mantan dan desa Menapar serta perwakilan kecamatan setempat. Adapun bantuan yang diberikan berupa penyediaan sarana mulai dari pencarian sumber air bersih, pembangunan instalasi, sistem distribusi air, hingga pengaliran air dengan baik ke rumah warga.

“Penyediaan fasilitas air bersih di desa Mantan dan desa Menapar merupakan hal yang sangat penting bagi kesejahteraan masyarakat di kedua desa. Kami berharap kontribusi Sinar Mas dapat membantu meningkatkan kualitas kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. ” ujar Susanto Yang, CEO Perkebunan Sinar Mas Wilayah Kalimantan Barat.

Desa Mantan dan desa Menapar merupakan dua desa dengan lokasi yang berdekatan dengan PT KPC. Salah satu masalah yang dirasakan masyarakat  di kedua desa tersebut adalah sulitnya mendapatkan sarana air bersih. Penduduk selama ini menggunakan air sungai yang terletak cukup jauh dengan menempuh jarak satu hingga dua kilometer menuju sungai. Untuk itu, sejak bulan September 2015 yang lalu, PT KPC bekerja sama dengan Yayasan Dian Desa (YDD)  memulai proyek pembangunan sarana air bersih sebagai bagian dari program CSR perusahaan.

Program CSR perusahaan tidak hanya berhenti pada pembangunan sarana air bersih untuk desa Mantan dan desa Manapar. Pada akhir 2014, PT KPC bekerjasama dengan YDD membuat rencana jangka menengah program CSR untuk Pengembangan Masyarakat di Zona Muara Tawang, Kalimantan Barat. Program ini mencakup beberapa komponen kegiatan seperti Kebutuhan Dasar Manusia, Ekonomi Masyarakat, Pengayaan Kegiatan Pendidikan dan Profile & Progress Monitoring. Beberapa kegiatan telah dilakukan perusahaan seperti pemberian beasiswa kepada mahasiswa berprestasi, melaksanakan bakti sosial setiap tahunnya, pembangunan PT KPC juga membantu pembangunan sarana ibadah, perbaikan jalan, serta perbaikan sarana dan prasarana umum masyarakat.

Tentang PT SMART Tbk

PT SMART Tbk merupakan salah satu produsen kelapa sawit berkelanjutan Indonesia terkemuka dan terintegrasi yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Didirikan pada tahun 1962, perkebunan kelapa sawit SMART meliputi areal perkebunan sekitar 139.300 hektar (termasuk perkebunan plasma). PT SMART mengoperasikan 16 pabrik, empat pabrik penghancur biji kelapa sawit dan empat kilang. Perusahaan ini mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia pada tahun 1992.

Kegiatan utama PT SMART adalah penanaman dan pemanenan pohon kelapa sawit, pengolahan tandan buah segar menjadi minyak sawit mentah (“CPO”) dan palm kernel, dan pemurnian CPO menjadi produk bernilai tambah seperti minyak goreng, margarin dan shortening. Selain minyak curah dan minyak industrial, produk hasil rafinasi SMART juga dipasarkan dengan beberapa merek dagang seperti Filma dan Kunci Mas. Kini, merek dagang tersebut dikenal dengan kualitasnya yang tinggi serta menguasai pangsa pasar yang signifikan di segmen masing-masing di Indonesia.

SMART adalah anak perusahaan Golden Agri-Resources Ltd (“GAR”), yang merupakan salah satu perusahaan berbasis kelapa sawit terbesar di dunia yang tercatat di Bursa Singapura. PT SMART juga mengelola seluruh perkebunan kelapa sawit GAR, dengan total luas areal tertanam mencapai 484.221 hektar (termasuk perkebunan plasma) di Indonesia, pada tanggal 30 September 2015.

Hubungan antar kedua perusahaan ini memberikan manfaat bagi PT SMART dengan skala ekonominya dalam hal pengelolaan perkebunan, teknologi informasi, penelitian dan pengembangan, pembelian bahan baku, dan akses terhadap jaringan pemasaran yang luas, baik domestik maupun internasional.

Editor : Andi A Effendy

 


BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Berita Pilihan,Berita Terkini,Daerah | Responses are currently closed, but you can TRACKBACK .

Comments are closed.

Kategori Berita Pilihan

Kategori Berita Terkini

Kategori Daerah