17 July 2019

ILO-Promote Gelar Diskusi dan Pemutaran Film Dokumenter di Palopo Sul-sel

5 - Feb - 2016 | 14:11 | by:
ILO-Promote Gelar Diskusi dan Pemutaran Film Dokumenter di Palopo Sul-sel

Palopo,Beritakota Online-Demi mempromosikan pekerjaan layak bagi PRT (Pekerja Rumah Tangga) dan Penghapusan PRT Anak, International Labour Organization (ILO) – Promote Project melaksanakan kegiatan “Diskusi dan Penayangan Film Dokumenter” yang bertema Pekerjaan Layak Bagi PRT (Pekerja Rumah Tangga) dan Penghapusan PRT Anak.

Film-film tersebut adalah hasil karya pelajar di Makassar dan Jakarta yang telah diproduksi melalui program kampanye media kolaboratif yang bertema “Teman Remaja, Teman Setara” bekerja sama dengan Yayasan Kampung Halaman dan dilaunching pada bulan Juni tahun 2015.

Guna terus menyebarluaskan pesan-pesan yang ada di film-film tersebut, ILO-Promote Project, telah melaksanakan kegiatan diskusi dan screening atau penayangan di SMA Negeri 2 Palopo pada hari Rabu, 3 Februari 2015.

Mengambil tempat di ruang OSIS sekolah tersebut, dengan dihadiri lebih kurang 100 orang siswa, kegiatan dibuka secara resmi oleh Bapak Kepala Sekolah  SMAN 2, Drs. Basman, S.H., M.M.

Basman dalam sambutannya menyampaikan ungkapan terimakasih atas kesediaan ILO untuk berkunjung ke sekolah yang Ia pimpin. Menurutnya, kegiatan seperti ini, bisa jadi kesempatan bagi siswa-siswi untuk memperluas wawasan mengenai ILO dan isu-isu ketenagakerjaan lainnya. Untuk itu, beliau berharap agar kegiatan serupa ke depan bisa terus dilaksanakan.

Sementara itu, Rasyidi Bakry (Koordinator Provinsi Sul-sel ILO) dalam pemaparannya sebagai pengantar sebelum pemutaran film, menjelaskan tentang ILO dan perannya sebagai salah satu badan di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Menurutnya, ILO memiliki mandat untuk mendorong terwujudnya decent work atau kerja layak dan bermartabat bagi semua pekerja, terlebih bagi PRT, sektor pekerja yang selama ini masih belum mendapat perlindungan memadai dalam undang-undang ketenagakerjaan.

Kegiatan kemudian dilanjutan dengan pemutaran film. Dari 9 karya pelajar yang telah diproduksi, beberapa film yang diputar dalam kegiatan screening ini diantaranya Teman Sebaya, Kisah Di Balik Lipatan Baju, Omelet Wakhida,  dan Teman Sebaya.

Setelah pemutaran film, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi. Para peserta terlihat sangat antusias menyampaikan pendapat mereka terkait film-film yang baru saja mereka tonton dan materi yang dipaparkan pemateri sebelumnya.

Secara umum mereka setuju bahwa jasa PRT harus mulai mendapat penghargaan dari semua pihak, terutama dari pemerintah. Mereka juga setuju ada perlindungan hukum khusus bagi PRT dan di saat yang sama pemerintah juga harus terus melakukan upaya untuk menghapus PRT Anak.

Berlangsung lebih kurang 2 jam, peserta yang hadir terlihat sangat bersemangat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan.

Selain itu, Rasyidi menyampaikan bahwa,  kegiatan yang sama juga akan dilaksanakan pada Jum’at 5 Februari di SMA Negeri 6 Palopo.​( Tono)

Editor : Andi A Effendy


BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Berita Pilihan,Berita Terkini,Daerah,Kesenian | Responses are currently closed, but you can TRACKBACK .

Komentar ditutup.

Kategori Berita Pilihan

Kategori Berita Terkini

Kategori Daerah

Kategori Kesenian